Nov 29, 2011

lagi lagi begitu lagi part 2

Please..
Perhatikan dan pikirkanlah kata-kataku.
Sedikit saja. Sebentar saja.
Karena mungkin saja aku tak selalu salah

:(

Nov 27, 2011

promise

"Ketika kamu merasa malas mengerjakan tugas akhir,
ingatlah bagaimana kamu dulu sangat bahagia saat lulus SNMPTN"



"Ketika kamu merasa malas mengerjakan tugas akhir,
pikirkanlah bagaimana bangganya orangtuamu saat kamu lulus dan menjadi orang sukses nanti"




I promise promise promise.. I'll make you proud :)

Nov 26, 2011

someone to rely on

Judul itu sebenernya potongan lirik lagu yang lagi aku dengerin sekarang: Paramore - Misguided Ghost.
Entah kenapa lirik itu mainnya pas aku lihat foto-foto ini.
Sambung2in ajee momennya...hehe.
Foto-foto ini diambil pake laptopnya dia, di Angkringan Kota Coffee, Malang sambil nunggu waktu kelompokan studio.





dataaaarrr

Nov 21, 2011

Bukan Posting Berbayar :))

It's 4.00 am now. I'm still awake because of my task.
and I'm getting hungry. I don't have any instan noodle, sereal, bread or milk. Poor me cuhuhu :'(
And finally found this lovely one.


me saved by Monde Milk Marie Biscuits ♥


Tow Matter wants it too


"Taste so lovely just like my lovely dorayaki"


"yumme"



Thank you biscuit!
*crunch crunch crunch*

Nov 19, 2011

Day 5 - Your Dreams

Firstly, I have to say so sorry sorry sorry soooooorry....

They said: "Hello! We are Super Junior and please give your apologize to dearest Ninis :'("

I'm so sorry for being not consistent. I told you I will write about some categories at '30 days of writing' project consecutively at this post.
And it's failed.
It should be written everyday consecutively but I just posted anything at this blog just like what I think at that time. I just became so lazy and haven't any idea to post according to the list.
So I broke the rule. *brb slap my beautiful face*

Now, I started to describe about my dreams.
When I was child, I want to be a doctor and I have a thousand friends that want to be a doctor too. I think it's fun and sweet to work at the same place together. Friendship like a cocoon (persahabatan bagai kepompong -____-)
But as we grow up, I finally knew that it's not reasonable. So, I decided to be an engineer someday. Civil engineer. Yeah Amin.

Then I dream about my future. I dream a lot about where will I live in.
About which country will I travel to.
About what will I do.
About what will I smile or cry with.
About my husband, my son, my daughter...my family at the future.
About what will I contribute to this earth.
About how will I meet orangutans after all :)

I wish wish wish my dreams will be come true.
Maybe tomorrow, two weeks again, a month later, a year...or in several years later.


ps: sorry for my bad english! :p

Nov 9, 2011

Permasalahan Pembiayaan Pembangunan (Studi Kasus: Pembiayaan Proyek Jembatan Suramadu)

Pembiayaan Pembangunan
Dalam suatu pembangunan, pembiayaan merupakan salah satu factor penting dalam prosesnya sebab tanpa adanya perencanaan pembiayaan yang baik, maka suatu pembangunan tidak akan berjalan dengan baik. Sistem pembiayaan pembangunan di Indonesia tertuang dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) maupun dari pihak swasta yang melakukan investasi. Penerimaan APBN sendiri didapat dari setoran berbagai macam pajak negara dan setoran dari masyarakat maupun suatu badan usaha.

Masalah Umum Pembiayaan Pembangunan di Indonesia
Permasalahan umum dari pembiayaan pembangunan di Indonesia adalah kurangnya masukan dana dari dalam negeri untuk memenuhi modal pembangunan. Akhirnya untuk menutupi kebutuhan akan dana pembangunan tersebut, pemerintah melakukan pinjaman kepada pihak luar negeri. Tindakan ini dapat saja menyelesaikan masalah pembiayaan sementara, namun akan memberikan efek untuk jangka panjang apabila pinjaman tersebut tidak dapat dilunasi tepat waktu. Penggunaan system pinjaman luar negeri ini dilakukan secara terus menerus ketika pemerintah dihadapkan pada suatu pembangunan. Akibatnya, bukannya hutang luar negeri lekas terlunasi, malah membuat daftar hutang-hutang semakin banyak dan menumpuk ke masa pemerintahan yang berikutnya.
Permasalahan hutang luar negeri yang cukup terkenal dan ramai diperbincangkan tentu saja pinjaman luar negeri pada periode pemerintahan Presiden Soeharto. Revrisond Baswir, seorang dosen ekonomi UGM dalam Seminar Pendalaman Ekonomi Rakyat tahun 2002, menyebutkan bahwa sampai pada akhir pemerintahan Presiden Soeharto (per Desember 1998), hutang Pemerintah Indonesia mencapai nilai $150 Milar, dimana rinciannya yaitu pinjaman luar negeri sebesar $85 Milyar dan pinjaman swasta sebesar $65 Milyar. Padahal sekitar 20-30% dari hutang tersebut diselewengkan oleh pemerintahan Soeharto sendiri. Saat ini, hutang Indonesia mengalami penambahan sekitar Rp 650 Triliun, sehingga total hutang luar negeri yang harus ditanggung Indonesia mencapai Rp 2.100 Triliun.
Permasalahan hutang ini tentunya dapat menghambat pembangunan Indonesia. Hak tersebut dikarenakan dengan adanya hutang yang menumpuk, perhatian pemerintah akan terbelah untuk membayar hutang-hutang dengan berbagai cara sehingga dikhawatirkan nantinya pembangunan Indonesia sendiri akan terbengkalai, khususnya untuk wilayah yang kurang terjangkau seperti di daerah pedalaman, pedesaan maupun perbatasan negara yang jauh dari pusat.

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura melalui Kota Surabaya pada sisi Pulau Jawa dan Kabupaten Bangkalan pada sisi Pulau Madura. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tanggal 14 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini dimaksudkan untuk mempersingkat waktu penyeberangan ke Pulau Madura atau sebaliknya dimana sebelumnya menggunakan angkutan air kapal feri.
Dengan adanya Jembatan Suramadu, waktu perjalanan dapat dihemat. Jika sebelumnya perjalanan menyebrang Selat Madura memerlukan waktu sekitar 30 menit menggunakan angkutan kapal feri, maka setelah jembatan tersebut diresmikan, waktu yang ditempuh untuk menyebrang hanya selama 5 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk jalur darat.
Gambar 1. Pemandangan di Sisi Jembatan Suramadu
Selain itu, dengan adanya jembatan ini diharapkan akan membuka peluang Pulau Madura untuk berkembang pesat. Dengan adanya jembatan ini, diharapkan terjadi pemerataan pembangunan di kawasan Pulau Jawa pada khususnya, karena selama ini kemajuan Pulau Madura dinilai kurang berkembang akibat susahnya transportasi darat yang menghubungkan dengan Pulau Jawa. Hal ini sesuai dengan definisi infrastruktur (Grigg, 1988) yaitu:
• Infrastruktur merupakan sistem fisik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi
• Infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
• Infrastruktur berfungsi sebagai mediator antara sistem ekonomi dan sosial dalam tatanan kehidupan manusia dengan lingkungan (alam)

Masalah Pembiayaan Jembatan Suramadu
Total pembangunan Jembatan Suramadu menghabiskan dana sebesar Rp 4,5 Triliun. Sumber pembiayaan Jembatan Suramadu yaitu berasal dari dana Pemerintah Indonesia sebesar 55% melalui pemerintah pusat dan daerah, sedangkan 45% merupakan pinjaman dari pemerintah China. Dana tersebut mengalami pembengkakan dari sebelumnya yang ditaksir mencapai Rp 4,2 triliun. Bertambahnya biaya ini disebabkan oleh kesalahan studi yang dilakukan dimana tiang pancang jembatan yang didesain setinggi 45 meter bertambah menjadi 90 meter.
Gambar 2. Proses Pengerjaan Jembatan Suramadu Bentang Tengah (sumber gambar)

Masalah pembiayaan yang timbul justru terjadi setelah Jembatan Suramadu selesai dibangun dan telah berfungsi. Seperti penjelasan pembiayaan Indonesia yang sudah dijabarkan sebelumnya, pemerintah dalam proyek pembangunan Jembatan Suramadu memiliki hutang kepada kotraktor yang mengerjakan proyek tersebut, yaitu Consorcium of Indonesia Contractors (CIC).
Hutang Pemerintah yang ditanggung untuk dibayarkan kepada pelaksana pembangunan Jembatan Suramadu dan totalnya mencapai Rp 932,04 milyar. Namun berdasarkan hasil perhitungan jumlah hutang yang mampu dibayar pemerintah hanya sebesar Rp 802,04 milyar. Sisa hutang yang belum mampu dibayar oleh pemerintah membuat permasalahan semakin bertambah. Pemerintah masih memiliki hutang kepada Consorcium of Indonesia Contractors (CIC) sekitar Rp 80 Miliar.
Pembiayaan pasca penyelesaian proyek Jembatan Suramadu juga mengalami permasalahan pada bagian operasionalnya. Disebutkan pernah terjadi kejadian pemadaman lampu penerang jalan umum menuju Jembatan Suramadu oleh pihak PLN. Pemadaman tersebut dilakukan karena pihak pengelola operasional Jembatan Suramadu tidak membayar tagihan listrik selama 4 bulan dengan total tagihan mencapai Rp 108 Juta.

Penutup
Posisi pemerintah yang selama ini memerankan fungsi pemilik, pengkontrol atau bahkan pelaksana berbagai proyek pembangunan akan dialihkan fungsinya menjadi fasilitator proyek saja. Permasalahan hutang dalam pembiayaan ini dapat dihindari apabila sistem pembiayaan yang dipakai tidak sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah saja. Peran swasta dapat diikut sertakan karena pemerintah Indonesia belum tentu mampu membiayai pembangunan infrastruktur sendiri. Karena apabila pemerintah mendapat tambahan hutang, maka untuk masa depan, pembangunan di Indonesia akan selalu terlilit masalah hutang sehingga Indonesia pada akhirnya hanya akan terfokus pada upaya penyelesaian masalah hutang dan dapat mengesampingkan pembangunan dari bidang lainnya selain infrastruktur.
Dengan berkurangnya beban pembiayaan penuh pada suatu pembangunan infrastruktur, maka pemerintah dapat mengalokasikan dana ke program lain seperti pembangunan sosial penduduk atau penelitian-penelitian ilmiah yang turut dapat memajukan negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sedangkan dalam masalah tunggakan biaya listrik akhirnya dapat dilunasi. Tingginya biaya listrik disebabkan oleh pemakaian genset yang menggunakan bahan bakar solar yang mahal. Oleh karena itu, dapat menggunakan alternatif sumber listrik yang lain. Untuk penggunaan listrik ke depan, terdapat isu bahwa akan menggunakan teknologi kincir angin sehingga dapat menekan biaya operasional Jembatan Suramadu.


Daftar Pustaka
Abdullah, P. 2005. Catatan Diskusi: Strategi Pembiayaan Kebijakan Pembangunan Pemerintahan SBY-Kalla.
Direktorat Neraca Pembayaran dan Kerjasama Ekonomi Internasional. Pengembangan Sumber Dana Alternatif Untuk Pembiayaan Pembangunan.
Grigg, Neil. 1988. Infrastructure Engineering and Management. John Wiley and Sons.
Setiawan, D. 2009. Prestasi Utang SBY Kalahkan Soeharto. (online) http://teguhtimur.com/2009/04/09/prestasi-utang-sby-kalahkan-soeharto/.
Wikipedia. 2011. Soeharto.

Nov 2, 2011

'jangan ada dusta di antara kita'

Tiba-tiba jadi suka lagu ini. Pertama sih gara-gara pas lewat area warnet kost kedengeran lagu ini lagi diputer..yang nyanyi sih suaranya (kayaknya) Rossa. Setelah browsing, ternyata beneran lagu ini dinyanyikan kembali oleh Rossa.
Rossa: "Yang sebelah sana mana suaranyaaa????!!!"

Liriknya jujur dan nggak munafik, menggambarkan suatu komitmen dalam suatu hubungan percintaan *weissscieeh*
Lagu ini adalah lagu lama yang versi aslinya dibawakan oleh Broery Marantika dan Dewi Yull.
Duet legendaris: Broery Marantika dan Dewi Yull

Untuk Mp3 yang barusan ku download yang nyanyiin Rossa dengan Broery Marantika.
Nih liriknya yang so sweet *_*

Ketika pertama ku jumpa denganmu
Bukankah pernah ku tanyakan padamu kasih
Tak kan kecewakah kepada diriku
Tak kan menyesalkah kau hidup denganku nanti

Memang kau bukan yang pertama bagiku
Pernah satu hati mengisi hidupku dulu
Dan kini semua kau katakan padaku
Jangan ada dusta diantara kita kasih

Semua terserah padamu
Aku begini adanya
Ku hormati keputusanmu
Apapun yang akan kau katakan
Sebelum terlanjur kita jauh melangkah
Kau katakan saja



Untuk link downloadnya bisa klik di sini

*brb setel lagu ini lagi*
;)

Nov 1, 2011

1-11-11 for first sweet sign

Hari ini nggak ada kuliah. Badan masih kerasa pegel gara2 2 hari 2 malam duduk aja di bis..adventure sehabis survei SPW di Purwakarta-Jabar (besok diceritain lagi deh ya detail jalan2nya :b)
Semalem sih keinget sama janji konsultasi kolokium.

Uff.

Kolokium adalah mata kuliah wajib 3 sks. Outputnya yaitu...JENG JENG.... Proposal Skripsi!!
Aaaaaawrr *geliut geliut ala shinchan*

Ya nanti di akhir semester ini (ehem.. 7) semua peserta kuliah akan mengikuti sidang proposal yang merupakan tahap pertama dari proses pengerjaan skripsi. Skripsi, bung, skripsi. Iya skripsi. *nelen ludah*

Akhirnya pagi ini aku coba sms dosen pembimbing pertama kolokium saya. Ganteng, tinggi, dan udah berkeluarga. (poin terakhir ini penting biar fokus skripsi hahaha). Namanya Pak Eddi.
Sms delivered.
Cuci sepatu.
Liat hp, belum dibales.
Jemur sepatu.
Dibales! Hasilnya, jam 10.30 aku bisa konsultasi dgn beliau lalalaaa yeyeyeee

Niatnya sih jam 10 berangkat ke kampus. Tapi keasyikan browsing jurnal, bikin pop mie, trus tiba-tiba kebelet ngekngok..alhasil gedebak gedebuk ngeprint, masukin laptop ke tas, ganti baju (untung udh mandi pagi), dan berangkat buru-buru.
...dan nyampe kampus ternyata masih harus nungguin beliau yg lagi ikut seminar hasil seorang kakak kelas. Okwaaeeeyy Sir..I'll wait for u laaah

Akhirnya tiba juga saatnya konsultasi dgn Pak Ganteng.
*fokus niiss*
Oke, Pak Eddi. Hehehe.

Cukup asik sih. Aku jelasin tujuan penelitianku apa. Variabelnya apa. Dan beliau mengarahkan dengan cara yang enak dan mudah dipahami. Sesekali yah mukanya mencibir gitu. Wajar lah dia dosen...pengetahuannya lebih. Sementara aku jadi cengar cengir.
Haha.
Akhirnya beliau ngasih acc buat salah satu judul. Hoho.

tuuuh bukti..ttd beliau yg super duper susah ditiru

btw mungkin keliatan norak masa asistensi pertama aja segini hebohnya. Tapi bagiku ini penting. Penting karena merupakan langkah awalku di dunia perskripsian.. *hening*
Selain itu, lega juga karena seminggu sebelumnya smsku ditolak dan disuruh asistensi abis survei aja. Kan jadi gundah gityu..
hehe.

Oya, di lembar asistensi itu belum ada judulnya.
Jadi, judul tugas akhir saya yg fix adalah:
"Efektivitas Jalan Lingkar Barat dan Timur Terhadap Pengurangan Beban Transportasi Dalam Kota Sidoarjo"
Doakan lancar dan sukses yaaa :)

kumus kumus eksis

Hari ini habis rapat buat acara himpunan lagi. Dari jam 1 siang sampe sore. Niatnya sih langsung pulang ke kost, tapi karena hujan jadinya mbambung dulu di basecamp himpunan.
Kegiatannya sih download One Piece edisi terbaru (521) trus ditonton bareng Mas Bobby ;)
Abis itu bengong gk ada kerjaan. Jadinya ngeksis di webcam yg gambarnya burem2 gara2 lampu basecamp yg kurang terang. Heuh.








tak terasa hujan pun berhenti...dan saya segera pulang..lalalalalaa~